Pembuatan Projek dan shell
Setelah mempelajari bab ini, Anda
akan dapat:
·
Membuat dan menggunakan emulator
·
Membuat proyek berbasis Android
·
Membaca dokumentasi
·
Mengakses Shell pada Android serta perintah yang dapat digunakan
1.1 Membuat Proyek
a.
Pada Eclipse, di toolbar menu, pilih File
-> New ->Project sesuai gamabr 4.1
Gambar 4.1 New Project
b. Pada kotak
dialog New Project, pilih Android Project sesuai Gambar 4.2
Gambar 4.2 Wizard Android Project
c. Kemudian pilih Next, pada kotak dialog New Android Project, isikan sesuai
Gambar 4.3.
Gambar 4.3 Wizard New Android Project
Keterangan:
§ Project Name : nama dadri proyek sendiri
§ Contents : Proyek yang dibuat baru atau dari
sumber yang telah ada maupun dari contoh pada SDK.
§ Build Target : Platform yang kaan digunakan
pada proyek yanga dibuat.
§ Application Name : Nama aplikasi
yang dibuat.
§ Package Name : Nama package untuk proyek terdiri
dari minimal dua pengidentifikasian dipisah dengan titik.
§ Create Activity : Nama aktivitas yang dibuat.
§ Min SDK Version : Versi SDK yang minimal
berjalannya proyek yang dibuat.
d. Tekan Finish maka Proyek yang akan dibuat akan terbentuk. Akan terbentuk struktur
direktori sesuai Gambar 4.4.
Gambar 4.4 Struktur Direktori proyek Android
Catatan : apabila terdapat error:
Project ‘ cobaAndroid’ is missing
required Source folder: ‘gen’
The project cannot be built untl
build path errors are resolved
Lakukan langkah berikut pada toolbar menu, pilih Project pilih Clean.
1.2
Pembuatan
Virtual Device sebagai Emulator
Pada toolbar mnu di Eclipse, klik
atau pada direktori SDK Android
jalankan SDKsetup.exe (SDK
Manager.exe pada versi baru) kemudian pilih Virtual Device. Lalu pilih New.
Gambar 4.5 Pembuatan
Virtual Device
Taregt merupakan platform yang digunakan oelh device yang dibuat. Kemudian
pilih Create AVD, maka emulator
telah dibuat. Untuk memulai emulator ini dapat dipilih tombol Start.
Pada rilis ini, keterbatasan emulator meliputi:
§ Tidak ada
dukunag untuk memanggil atau menerima panggilan telepon yang sebenarnya. Namun,
dapat menyimulasikan panggilan telepon antar emulator. Untuk mencobanya dapat
dibuat 2 emulator. Kemudian emulator pertama mencoba menelepon emulator kedua.
Nomor identifikasi emulator terletak dikiri atas eemulator.
Misalnya
: 5554
§ Tidak ada
dukungan untuk koneksi URL.
§ Tidak ada dukungan
untuk kamera/capture video (input).
§ Tidak ada
dukungan untuk utuk handphone perngkat terpasang.
§ Tidak ada
dukungan untuk menentukan keadaan tersambung.
§ Tidak ada
dukungan untuk menetukan tingat pengisian baterai dan state pengisian.
§ Tidak ada
dukungan untuk menentukan menyisipkan kartu SD/eject.
§ Tidak ada
dukungan untuk Bluetooth.
1.3 Dokumentasi Android
Setiap tahun versi android akan
terus berkembang. Oleh karena itu, android mendokumentasikan
perubahan-perubahan yang ada termasuk seluru kelas dan android sellau
diperbarui dari waktu ke waktu. Buku ini sangat terbatas untuk menjelaskan
seluruh kelas yang ada pada android terlebih lagi perubahan kelas pada setiap
versi sehingga diperlukan kemampuan untuk membaca dokmentasi pada Android.
Dokumentasi pada Android dapat diakses pada folder SDK kemudian pilih folder
docs plih index.html (/SDK/docs/index/html). File ini berupa halaman web yang
akan bekerja secara online. Gambar 4.6
Gambar 4.6 Dokumentasi
Android
Home :
berisi informasi mengenai SDK terbaru dan pengumuman lain berkaitan dengan perkembangan Android.
SDK :
berisi perubahan yang terjadi pada setiap versi platform Android. Juga termasuk
untuk download SDK terbaru.
Dev Guide :
penjelasan dasar dari pembuatan aplikasi android.
Reference :
berisi penjelasan dari setiap kelas dan method
yang ada pada android.
ReSources : berisi beberpa contoh kode.
Videos :
video yang berkaitan dengan penjelasan fitur terbaru maupun berkaitan dengan
pengembangan aplikasi.
Blog :blog
yang dikeloal oleh tim android, dapat diakses jika online.
1.4 Shell
Shell merupakan program yang berlaku sebagai perantara antara pengguna
dengan sistem operasi. Pengguna dapat menjalankan program, pipeline dari proses
dan menyimpan output ke file dan menjalankan lebih dari satu program dalam
waktu yang sama. Perintah-perintah yang terdapat dalam sistem operasi android
dapat dilihat pada direktori/ system/ bin. Untuk masuk pada shell pada sistem
operasi android dapat digunakan perintah ‘ adb shell’ pada command promp
komputer pengembang atau masuk pada emulator melalui menu Dev Tools lalu pilih terminal emulator.
a. Perintah
§ ls digunakan untuk menampilkan
daftar dari isi sebuah direktori.
Sintaks:
ls : menampilkan isi direktori aktif
ls namafile/namadirektori : menampilkan
namafile (jika file ada) atau isi dari
namadirektori.
ls -1 : menampilkan
isi dari direktori dala format panjang.
§ Cd digunakan
untuk berpindah kesebuah direktori.
Sintaks : cd namadirektori : berpindah ke
nama direktori
cd.. : berpindah ke direktori
atasnya.
§ Echo untuk
menampilkan teks ke standar keluaran.
Sintaks : echo ‘abc’ : menampilkan
teks abc ke layar.
§ mkdir untuk
membuat direktori.
Sintaks : mkdir namadirektori : membuat
direktori namadirektori.
§ rm/rmdir untuk
menghapus file atau direktori.
Sintaks : rmnamafile : menghapus
file namafile
Rmdir namadirektori : menghapus
direktori namadirektori.
§ Pwd digunakan
untuk menampilkan nama lengkap dari file direktori aktif sekarang.
Sintaks : pwd
§ Cat menampilkan
isi dari sebuah file ke stdout.
Sintaks : catnamafile : menampilkan
isi dari namafile.
§ Ps menampilkan
daftar proses yang sedang berjalan
Sintaks : ps
§ Kill mematikan
proses yang sedang berjalan.
Sintaks : kill pid : mematikan
proses yang memiliki nomor pid.
§ Date
menampilkan waktu sekarang
Sintaks : date
b. Pengalihan
Fasilitas
pengalihan memungkinkan untuk menyimpan keluaran dari sebuah proses ke suatu
file.
Sintaks :
·
Perintah -> nama file
Sehingga
keluaran dari perintah tersebut akan disinpam ada file namafile. Shell akan
membuat file jika file belum ada atau menulis ulang ke file telah ada sehingga
isi dari file lama akan terhapus.
·
Perintah -> nama file
Perbedaan denan
sintaks sebelumnya adalah keluaran dari perintah tidak ditulis ulang ke file
tapi ditambahkan pada file sehingga file lama tidak terhapus.
c. Proses
Background
Jika perintah
diikuti dengan karakter ‘&’, maka subshell akan dibuat untuk menjalankan
perintah pada proses background.
Sintaks : perintah &
1.5 Contoh
1.5.1
Proyek Android
Untuk
menampilkan tulisan ‘helo’ pada layar. Buat proyek seperti langkah yang telah
dijelaskan pada dasar teori. Lalu lakukan langkah berikut :
§ Pada Layout
untuk file main.xml hapus TextView
yang telah ada sebelumnya.
§ Klik dan drag
TextView sesuai gambar 4.6
Untuk Kode cobaAndroid.java dapat dilihat pada Source 1.
Gambar 4.8 Tampilan Eclipse untuk Android
Penjelasan:
·
Src : singkatan dari Source direktori
semua file Source java dalam aplikasi
yang dibuat.
·
Gen : merupaka folder yang dibuat
secara otomatis dan menyimpan file R.java yang digunakan sebagai referensi
untuk semua reSources yang
didefinisikan difolder res.
·
Android Library : pointer ke library file kelas
Android yang Eclipse link untuk menyediakan API Android.
·
Assets : folder ini berguna untuk
menyimpan aset yang diguanakan oelh aplikasi
: font, eksternal JAR file, dan sebagainya.
·
Res : reSources, folder utnuk mnyimpan reSources
untuk aplikasi anda. ReSources meliputi sebaguan besar file XML
t=yang menentukan tata letak aplikasi, dan file
Gambar 4.
·
File Android manifest.xml : file ini dibuat oelh ADT ketika dibuat sebuah proyek Android baru.
Merupakan file XML yang berisi banyak informasi tentang aplikasi: activity, service, intent, izin aplikasi
kebutuhan dari sistem operasi.
Source 4.1 cobaAndroid.java
Penjelasan :
·
Baris ke 9 merupakan pembuatan objek TextView yang akan dikaitkan dengan
objek TextView dengan id TextView01 pada file main.xml.
·
Baris ke 15 digunakan untuka mengatur isi tampilan pada layar sesuai dengan
file main.xml.
·
Baris ke 16 merupakan method yang
digunakan utnuk mendapatkan objek TextView sesuai dengan objek pada main.xml.
·
Baris ke 18, method setText () digunakan
untuk mengatur isi teks pada objek TextView.
Kmudian
jalankan proyek yang teah dibuat menggunakan menu pada toolbar RUN atau tekan
CTRL+F11. Lalu pilih Android Application, maka pada simulator akan tampil
seperti pada Gambar 4.9 .
Gambar 4.9 Tampilan cobaAndroid bila
dijalankan
Untuk mengubah
warna dapat digunakan method
setTextColor misalnya untuk warna merah ditambahkan teks.setTextColor(color.RED).
sumber : buku (Mudah Membuat Aplikasi Android)
ciptaan : Stephanus Hermawan S
0 komentar:
Posting Komentar